Jumat, 26 September 2014



Ubun Ubun Bayi



@bidandanbunda: Pada kepala bayi terdapat 2 buah ubun ubun

@bidandanbunda: 1.Ubun ubun kecil (fontanela posterior) menutup pada usia 4 bulan, digunakan oleh bidan/dokter untuk membantu ptoses persalinan

@bidandanbunda: 2.Ubun ubun besar (fontanela anterior) menutup pada usia 9-18 bulan. @bidandanbunda: ubun ubun besar digunakan untuk menentukan bayi mengalami dehidrasi atau tidak jika cekung dan menunjukan adanya tekanan intrakranial jika cembung

@bidandanbunda: Ubun ubun besar sering kita temukan berdenyut seirama dengan denyut jantung dan terlihat terbuka. Hal ini sehubungan dengan masih bertambah besarnya volume dan ukuran dari otak bayi.

@bidandanbunda: Ubun ubun bila terlalu cepat menutup akan menyebabkan ukuran lingkar kepala kecil dan pertumbuhan otak si kecil jadi tidak maksimal, sehingga ukuran kepala anak akan kecil.

@bidandanbunda: Berhati-hati juga apabila ubun ubun terlambat menutup, hal Ini bisa terjadi di antaranya karena ada tekanan yang kuat dari isi tengkorak, seperti pada kondisi dimana ditemukan cairan yang banyak dalam rongga otak yang dikenal sebagai hidrosefalus.

@bidandanbunda: Bersikaplah waspada jika kepala bayi terlihat lebih kecil dari badan. Sebab kepala yang normal umumnya terlihat lebih besar, karena keliling lingkar luar kepalanya sama dengan keliling dadanya.

@bidandanbunda: Di sinilah pentingnya pengukuran lingkar kepala bayi yang dilakukan selama bulan per bulan. Lewat pemantauan secara berkala, maka gangguan ukuran lingkar kepala dan proses pertumbuhannya bisa terdeteksi, baik jika kepala terlalu besar (misal, karena hidrosefalus) atau terlalu kecil.

1.      Grafik Lingkar Kepala Bayi Laki-Laki (Usia 0 - 24 bulan)
 

2.      Grafik Lingkar Kepala Bayi Perempuan (Usia 0 - 24 bulan)

 
3.      





Tidak ada komentar:

Posting Komentar