Senin, 29 September 2014



Bolehkah Yogurt Diberikan Pada Bayi ???

@bidandanbunda: Siapa yang tidak mengenal yogurt? Produk makanan semi padat bersumber dari susu yang telah melalui proses fermentasi
@bidandanbunda: Yogurt yang dibuat dengan menggunakan susu murni sebagai sumber utamanya ini memiliki kandungan nutrisi yang mirip dengan susu
@bidandanbunda: Nutrisi yang terkandung di dalamnya antara lain adalah protein, kalsium, lemak, fosfor dan vitamin-vitamin penting yang dibutuhkan tubuh
@bidandanbunda: beberapa manfaat yogurt:
-          Yogurt dapat membantu penderita intoleransi laktosa (lactose intolerance).
Bila bayi Bunda menderita diare setiap kali minum susu, ada kemungkinan ia menderita intoleransi laktosa (lactoce intolerance). Penyebabnya adalah anak kekurangan enzim pencerna laktosa. Di dalam yogurt, laktosa susu dipecah oleh bakteri “baik” yakni Lactobacillus bulgaricus melalui proses fermentasi sehingga menjadi mudah dan cepat diserap oleh tubuh.
Oleh karena itu, yogurt disarankan sebagai pengganti susu bagi orang atau anak yang tidak mampu mencerna laktosa dengan baik sehingga tidak mengalami diare lagi.
-          Yogurt dapat menjaga keseimbangan saluran cerna bila anak dari sejak kecil sudah dibiasakan untuk mengkonsumsi yogurt. Dengan begitu kuman-kuman penyebab penyakit seperti tipus dan muntaber tidak akan bisa tumbuh.
-          Yogurt dapat membantu menurunkan jumlah kolestrol dalam serum darah. Hal ini diketahui dari sebuah penelitian pada beberapa orang yang mengkonsumsi yogurt secara teratur pada waktu tertentu.
-          Yogurt dapat menghambat pertumbuhan kuman-kuman patogen dalam lambung dan usus halus, sehingga bisa menghindari munculnya berbagai penyakit akibat infeksi. Mengkonsumsi yogurt secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan.
-          Bakteri-bakteri yang berperan di dalam yogurt dapat mengubah zat-zat pemicu kanker dalam saluran pencernaan, sehingga mampu menghambat terjadinya kanker.
-          Yogurt dapat menetralisir efek samping pemberian antibiotik.
-          Bakteri “baik” yang ada di dalam yogurt yakni Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus menghasilkan asam folat dan vitamin B kompleks. Kedua vitamin ini bermanfaat untuk mencegah timbulnya penyakit jantung koroner.
-          Yoghurt juga merupakan sumber protein dan kalsium yang penting bagi bayi, di mana diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi. Sedangkan kalsium dibutuhkan untuk pembentukan tulang
@bidandanbunda: Bolehkah bayi mengkonsumi yogurt? Yogurt baik untuk dikonsumsi semua orang termasuk bayi karena banyak mengandung gizi yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh
@bidandanbunda: Kapan bayi boleh diberikan yogurt? Pada umumnya dokter anak menyarankan orang tua untuk mulai memperkenalkan yogurt kepada bayi yang berusia 7 atau 8 bulan (intinya di atas 6 bulan setelah sistem pencernaan bayi sudah siap menerima makanan lain selain ASI)
@bidandanbunda: Apa saja yang perlu diperhatikan dalam memilih yogurt untuk bayi?
ü  Pilih yogurt yang bisa dikonsumsi oleh bayi dan balita. Biasanya yogurt jenis ini mengandung Bifidobacterium yang menghasilkan asam laktat tipe L (+). Sedangkan asam laktat tipe D (-) yang mengalami metabolisme lebih lambat tidak cocok diberikan kepada bayi. Bifidobacterium merupakan senyawa bakteri yang bersimbiosis mutualisme dengan sistem pencernaan tubuh bayi.
ü  Pilih yogurt yang tidak mendapatkan penambahan rasa (pilih yang natural or plain yogurt), bukan yogurt yang mendapatkan bahan penambah rasa atau essens buah.
ü  Pilih yogurt yang tidak mengandung gula, pemanis buatan dan sejenisnya.
ü  Pilih yogurt yang tidak mengandung zat-zat tambahan seperti pewarna buatan.
ü  Pilih yogurt yang terbuat dari susu segar murni yang memiliki kadar lemak tinggi (whole milk), bukan susu dengan kadar lemak rendah (low fat milk) atau tanpa lemak (skim milk).
ü  Pilih yogurt dengan kemasan yang baik, tidak kadaluarsa dan disimpan pada suhu dingin yang sesuai antara 4 sampai 6 derajat celcius.
ü  simpanlah yoghurt di dalam kulkas, tapi jangan dibekukan karena bisa merusak kandungannya
@bidandanbunda: Bagaimana cara memberikan yogurt ke bayi?
ü  Sebaiknya berikan secara bertahap, sedikit demi sedikit terlebih dulu.
ü  Jika si kecil memiliki riwayat alergi, sebaiknya tanyakan dulu kepada dokter anak Bunda, apakah si kecil boleh diberi yoghurt. Kalaupun boleh, yoghurt apa yang dapat diberikan untuk anak Bunda. Karena beberapa kasus pada anak yang alergi, bisa saja muncul reaksi alergi saat diberi yoghurt.
ü  Untuk awalnya Bunda bisa memperkenalkan yogurt ke bayi dengan mencampur yogurt dengan puree buah untuk bayi. Bila bayi mengalami reaksi seperti alergi segera hentikan pemberian yogurt
ü  Seiring dengan bertambahnya usia bayi Bunda, ia akan mulai terbiasa dengan yogurt sebagai makanan barunya. Pada saat itu Bunda bisa memberikan yogurt secara langsung tanpa campuran apapun kepadanya.
ü  Untuk menambah kandungan gizi yogurt, Bunda juga bisa mencampurkan potongan-potongan kecil buah seperti pepaya, alpukat, mangga, strawberry dan pisang ke dalam yogurt. Ingat bauh-buahan yang ditambahkan sebelumnya  sudah pernah diberikan pada bayi bunda dan jangan lupa untuk menyesuaikan konsistensi yogurt yang Bunda berikan ke anak sesuai dengan usianya dan kemampuan anak mengunyah.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar